13 Jan 2008

Mencari Kesenangan !!!

Lagi-lagi Sang Guru memberikan pencerahan baru. Kalo mengenai kesalahan dalam memahami uang adalah rizki, itu sebelumnya sudah tahu. Seperti pada QS. At Taghaabun (64) : 15. "Sesungguhnya hartamu dan anak-anakmu hanyalah cobaan (bagimu): di sisi Allah-lah pahala yang besar." Kini yang Ia lontarkan, "Benarkah kita memerlukan uang?". Semua terdiam. Hening. Tuk sesaat. Sang Guru meneruskan, "kesenangan". Kali ini agak bergemuruh. Seoalah ada penolakan.

"Apa definisi uang?". Sambil kembali bertanya.

"Sebagai alat tukar... ," semua menjawab serentak.

Sang Guru melengkapi, "Alat tukar yang resmi."

"Menukar dengan kesenangan-kesenangan", menambahkan.

Setelah penjelasannya. Byar. Seolah malam mendadak tersinari oleh sinar mentari pagi. Benar juga. Sebenernya yang kita cari dan inginkan ialah kesenangan. Kesenangan dunia. Hal membuat orang bisa terlena dan silau. Sekarang sebagian manusia telah memilih terpenjara olehnya. Bahkan diajarkan. Tapi bukan itu tujuan utama kita hidup. Untaian Cinta-Nya di QS. Adz Zaariyaat (51) : 56. "Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka menyembah-Ku."

Ah... hari ini bertambah lagi ilmuku. Suatu konsep baru. Bila disebutkan mencari uang. Layak untuk dikaji kembali. Sebab yang diperlukan ialah sesuatu. Dan dapat digantikan dengan kesenangan. Hanya saja saat sekarang "sesuatu" tersebut adalah uang. Akan berbeda ceritanya bila "sesuatu" telah berubah selain uang.

Jadi apakah kita memerlukan uang??? Bagaimana menurut Anda?????

2 comments:

Anonymous said...

seandainya bahan pangan bisa di dapatkan tanpa uang , sangat setuju sekali kita mencari uang untuk membeli kesenangan tapi di samping itu kita juga membeli kebutuhan, nah disini pun terdapat garis samar yang membedakan kebutuhan dan kesenangan selain kebutuhan pangan dan kesehatan, dimana kita membutuhkan hiburan biar gak stress (senang?), butuh mobil untuk pergi ke sana sini (senang?), memang kata kata membuat kita sering berselisih pendapat dan kalau tidak bijak kata kata juga bisa membuat peperangan, yang jelas buat saya hanya satu apapun itu jangan mencari susah (xixixixixi)... tulisan yang bagus kang Emil.....

Kang Boim said...

kenapa harus ada uang? gmn kalau kita tetep pake sistem barter....by the way.....topik ni bagus jg kalau dijadikan bahan diskusi..

salam kenal